Minggu, 05 Mei 2013

Tangerang Siap Laksanakan UN SD/MI mulai Besok 6 Mei 2013

TANGERANG -- Naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk Kota Tangerang tiba pada Jumat pagi (3/5). Soal langsung didistribusikan kepada sejumlah sub rayon dari 13 Kecamatan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Tabrani menuturkan naskah soal untuk SD datang lebih cepat, yaitu H-3 sebelum pelaksanaan ujian Senin (6/5).

“Soal sudah sampai hari ini dengan lancar karena datang pada siang hari sehingga petugas lebih siap, beda dengan UN sebelumnya (SMP dan SMA),” kata dia kepada Republika di Kantor Disdik Kota Tangerang, Jumat (3/5). Tabrani mengatakan, soal-soal tersebut kemudian dilakukan pemilahan berdasarkan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) tiap kecamatan lalu didistribusikan.


"Titik simpan soal ada di UPTD, nanti tiap sekolah mengambil soal setiap hari ke UPTD kecamatan masing-masing,” papar dia.

Jumlah peserta UN tingkat SD se-Kota Tangerang akan diikuti oleh 30.397 siswa. Dengan rincian dari Sekolah Dasar (SD) ada 27.286 peserta dari 495 sekolah. Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) ada 2.962 peserta dari 96 sekolah . Sedangkan untuk Paket A ada 149 peserta dari 21 sekolah.

Tabrani mengharapkan pelaksanaan UN SD akan lebih baik dari UN SMA dan SMP. Sebab, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh Kepala UPTD Panitia UN tingkat kecamatan dan kepala sekolah untuk menjalankan ujian dengan baik.

“Semoga pelaksanaan lebih baik dan hasilnya juga baik sehingga opini UN pun akan lebih baik,” ungkapnya. Sama seperti UN sebelumnya, Tabrani mengaku tidak memiliki target kelulusan. Ia hanya berharap semua peserta UN SD dapat mengerjakan ujian dengan baik dan bisa menghasilkan nilai yang memuaskan.

***

Sementara itu di kota Tangerang Selatan, Sebanyak 22.038 murid tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat di Kota Tangerang Selatan dijadwalkan akan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan pada 6-8 Mei 2013.

Menghadapi UN besok, pemerintah daerah setempat mengklaim telah melakukan berbagai persiapan penting.

"Kita telah laksanakan tiga kali try out. Yakni tingkat sekolah, gugus serta tingkat kota," ungkap Kepala Seksi Bina SD Dinas Pendidikan Kota Tangsel, Yahya Sutaemi, kemarin.

Yahya memaparkan, ribuan anak peserta UN itu terdiri dari SDN sebanyak 13.956 murid, SD swasta ada 5.626 murid dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 2.456 murid. Sedangkan ruang kelas yang dibutuhkan untuk UN disiapkan sebanyak 1.102.

Penyelenggaran UN yang akan diawasi oleh dua pengawas pada setiap ruangan, terang Yahya, disambut optimis dapat berjalan lancar. Sebab, sudah dipersiapkan sejak beberapa bulan lalu.

"Para siswa dan siswi tersebut saat ini telah terdaftar untuk melaksanakan UN yang tidak lama lagi akan dilangsungkan. Persiapan matang tinggal pelaksanaannya saja," ungkapnya.

Dikatakan, pada penyelenggaraannya UN 2013, imbuhnya, Dinas Pendidikan setempat mengusung tiga sukses, yakni sukses dalam pelaksanaan, hasil dan aplikasi.

"Minimal angka kelulusan siswa meningkat atau mampu mempertahankan peringkat hasil UN pada tahun lalu dengan tingkat kelulusan 100 persen," terangnya.

Menurut Yahya, pada pelaksanaannya nanti, pihaknya menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Ciputat akan ditunjuk sebagai koordinator pelaksanaan UN sekaligus juga bertindak sebagai pengawas satuan pendidikan.

"Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman dalam hal ini hanya bersifat sebagai pendamping dan penyelenggara," katanya.

Sementara untuk pendistribusian soal ujian, sambung Yahya mulai berjalan pada Sabtu (4/5/2013) yang dikirim dari provinsi Banten. Kemudian, soal didistribusikan ke kantor Dinas Pendidikan.

Hari berikutnya, Minggu (5/5/2013) disalurkan ke tujuh Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di Kota Tangsel, Senin (6/5/2013) lansung didstribusikan ke masing-masing
sekolah.

Tidak hanya itu, Setiap lokasi ujian juga akan dipantau oleh aparat kepolisian. Serta tim dari perguruan tinggi untuk memantau kemungkinan terjadinya penyimpangan-penyimpangan selama proses pelaksanaan UN berlangsung.

"Untuk pengamanan soal kita telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Ini untuk menjamin tidak ada kebocoran soal UN,"terangnya.


Peserta Terbanyak
Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) yang akan dimulai besok 6 Mei 2013. Sebanyak 48.109 peserta siap mengikuti UN di Kabupaten Tangerang.

Menurut Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Endang Waryo, jumlah peserta UN itu termasuk paling banyak se-Banten. "Dari tahun ke tahun, jumlah peserta UN asal Kabupaten Tangerang selalu paling banyak se-Provinsi Banten," ujar Endang Waryo, Minggu 5 Mei 2013.

Kata dia, naskah soal sudah seratus persen diterima dari Provinsi Bantan. Naskah sudah sampai  pada Jumat pagi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tigaraksa. "Sorenya  kita kirim ke UPT kecamatan masing-masing," katanya.

Ia berharap, pelaksanaan UN tingkat SD tak ada kendala seperti kekurangan naskah dan kendala lainnya. "Kami harap UN bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun. Terlebih UN SD masih menggunakan satu paket, sama seperti tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar